Posted by : Unknown Monday, February 27, 2017

Membuat VM ID di Proxmox VE


Hallo Semua,
Bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan memposting tentang cara membuat VM di Proxmox.

Pengertian Proxmox VE 
Proxmox Virtual Environment atau Proxmox VE merupakan salah satu sistem operasi Linux berbasis Debian dengan RHEL kernel dimodifikasi dan memungkinkan penyebaran dan pengelolaan mesin virtual dan kontainer. Proxmox VE termasuk konsol Web dan alat baris perintah, dan menyediakan API REST untuk alat pihak ketiga. Dua jenis virtualisasi yang didukung:. Kontainer berbasis dengan LXC (mulai dari versi 4.0 menggantikan OpenVZ digunakan dalam versi hingga 3,4, termasuk [6]), dan virtualisasi penuh dengan KVM [7] Muncul dengan installer bare-metal dan termasuk antarmuka manajemen berbasis Web

Pengertian VM
Virtual machine, disingkat vmdalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

Langkah-Langkah
  1. Pertama hubungkan laptop dengan wifi dari server milik kita mulai masuklah ke dalam proxmox dengan cara klik pada address bar (https://ip_server_anda:8006/) 
  2. Kemudian saat masuk ke laman awal proxmox klik create vm

  3.  Kemudian pada general isikan vm.id pastikan agar tidak sama dengan vm id milik orang lain yang satu ISP dengan kita lalu beri nama untuk vm kita klik 'Next'
  4. Lalu pada 'OS' karena server saya memakai linux jadi saya memilih' Linux 4.X/3.X/2.6 Kernel klik 'Next'

  5. Lalu pada CD/DVD =>Use CD/DVD disc image file (iso) -> ISO Image pilih file iso yang sebelumnya telah di upload.
  6. Lalu pada Hard Disk pilih lalu pada Disk size (GB) isikan sesuai dengan keperluan dan kemampuan dari pc server disini saya memakai 80 Gb, klik 'Next'.
  7. Pada bagian CPU saya tak melakukan perubahan jadi saya langsung klik 'Next'.
  8. Lalu pada Memory => Use fixed size memory karena memory pc server saya terbatas dan harus di bagi untuk 4 orang jadi saya hanya memkai 512 MB, klik 'Next'
  9. Lalu pada Network anda cukup mengisikan VLAN Tag saja yaitu nomor VM id anda karena milik saya adalah '1074' jadi saya isikan nomor tersebut, klik 'Next'.
  10. Lalu pada 'Confrim' lihat settingan jika telah sesua dengan yang kita harapka klik'Finish'
Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat Terima kasih atas perhatiannya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -