Posted by : edho pras Sunday, April 16, 2017

Distro Linux Asli Indonesia

Pengertian Distro

Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.

Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya.

Jenis-jenis OS Dari Indonesia

1. DracOS

OS dengan simbol mata biawak ini merupakan salah satu distro linux buatan Indonesia.Berbeda dengan distro linux yang biasa di buat oleh orang indonesia yang biasanya berfokus hanya pada pendidikan, programming dan lain-lain, namun Distribusi Linux ini berfokus pada Pentesting dan pendidikan, seperti halnya backbox, kali linux, backtrack, dll.

Pengembangan DracOS diprakarsai oleh Zico Ekel (pendiri Indonesia Backtrack Team dan pencetus DracOs Linux) dan Antonius yang juga sekaligus menjadi pengembangnya. Pengembang lainnya terdiri dari arFha spy_, cyberking__, kiki kiki, dan Randall Tux. Dua yang terakhir juga merangkap sebagai reporter.


2. Blankon

Merupakan distro linux berbasis debian buatan anak negeri, dengan tujuan menghasilkan distro linux yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna komputer di indonesia.
Blankon sendiri dapat diartikan sebagai tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.

BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno). Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi). 
Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.
BlankOn diharapkan dapat menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap perangkat lunak proprietary.

3. Garuda OS 

Merupakan Distro Linux berbasis PCLinuxOS Fullmonty Edition buatan pengembang Indonesia yang mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia), aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan program-program dari berbagai macam kategori. Bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi. 


  

4. Xenta

Merupakan Distro Linux asal Indonesia dengan basis Linux MInt, sehingga aplikasi yang dapat dialankan pada linux mint dapat juga di jalankan di os ini. 

Xenta OS  dikembangkan oleh Dindin Hernawan awalnya Sebagai Proyek Hobie dan Serius di Kerjakan dengan Senang hati. Xenta OS bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya. Pengembangan Xenta OS dimaksudkan sebagai distribusi alternatif dalam menggunakan perangkat lunak yang bebas dan legal. Xenta OS menawarkan lingkungan kerja dengan Desktop Cinnamon yang mudah dalam penggunaan yang dilengkapi dengan Program Office, Desain Grafis, Multimedia, Pendidikan, Internet dan lain-lain. 

Xenta OS berasal dari kata X dan επτά (bahasa yunani yang artinya tujuh) x sendiri melambangkan untuk OS bertipe Linux, dan  επτά diplesetkan menjadi kata enta meskipun itu beda artinya. sebagai bias dari permainan kata. Tujuh itu melambangkan Tujuan.

Tujuan dari dikembangkanya Xenta OS ialah :
  1. Sistem Operasi alternatif, perangkat lunak yang bebas dan legal.
  2. Menawarkan lingkungan kerja yang mudah dalam penggunaan (User Friendly).
  3. Menyertakan berbagai konten lokal khas Indonesia.
  4. Menyertakan berbagai aplikasi hasil karya para pecinta dan penggiat linux Indonesia.
  5. Didesain untuk digunakan secara online dan offline.
  6. Didesain untuk pengguna tingkat dasar, menengah dan Developer.
  7. Menyertakan program untuk keperluan Perkantoran, Multimedia, Desain Grafis, Pendidikan, Developer, Internet dan lain-lain.
Sekian Dari Saya Semoga Bermanfaat.

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Assalamu'alaikum
    salam kenal brother...
    terimakasih atas reviewnya :)
    mantap...
    ayu dukung Distro2 Linux Indonesia biar makin ramai...
    wasalamu'alaikum
    root@dev.xentaos.org

    ReplyDelete
  2. Sayang IGOS Nusantara yang masih aktif dikembangkan tidak disebutkan.

    ^Dari pengembang Sundara OS. XP

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -