Posted by : Unknown Tuesday, April 18, 2017

Menghubungkan 2 Perangkat Beda Jaringan Dalam Cisco Packet Tracer

Pengertian

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Latar Belakang 

Karena saya ingin mencari tau bagaimana jika sebuah pc dapat terhubung dengan pc lain meskipun memiliki jaringan yang berbeda.

Maksud & Tujuan

Menghubungkan 2 pc beda jaringan.

Persiapan

Dalam topologi yang saya gunakan kali ini, saya menyiapkan 3 buah workstation(PC), 1 buah hub, lalu 1 router jenis Router-PT-Empty (berarti belum ada perangkat yang terpasang.

Tahap Pelaksanaan
  1. Silakan anda klik Router-PT-Empty pada tab 'Physhical' silakan anda klik tombol power, lalu drag & drop modul berikut. Jika sudah hidup kan kembali Router-PT-Empty nya.
  2. Untuk langkah berikutnya silakan anda hubungkan semua perangkat sehingga tampak seperti topologi di bawah.
  3.  Berikutnya klik PC0 pilih tab 'Dekstop' klik menu 'IP Configuration.' Isikan (IP=192.168.1.1 & gateway=192.168.1.3) pada PC1 (IP=192.168.1.2 & gateway=192.168.1.3) & pada PC2 (IP=192.168.2.1 & gateway=192.168.2.2)
  4. Jika kita sudah memberi ip pada ke-3 pc berikutnya kita beralih pada Router. Pada kali ini saya akan menkonfigurasi ddengan basis command line (CLI) ikuti seperti pada gambar di bawah ini.

  5. Jika sudah silakan anda lakukan test ping.
Sekian dari saya semoga bermanfaat & terima kasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -