Posted by : Unknown Tuesday, February 14, 2017

Pengenalan Jaringan Komputer



Selamat Pagi/Siang/Sore

Postingan saya kali ini mengenai jaringan komputer sebelumnya saya juga sudah memosting tentang jaringan tapi kali ini saya akan ber fokus pada jenis-jenis jaringan itu sendiri

Jaringan Komputer 

Jaringan Komputer(jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Sejaranh Jaringan

Dahulu komunikasi yang melibatkan komputer masih dilakukan secara manual dengan manusia sebagai media komunikasinya yaitu dengan manusianya sendiri yang membawa instruksi-instruksi antar komputer. Hingga akhirnya George Stibitz pada akhir tahun 1940-an sukses memanfaatkan sebuah mesin teletype untuk mengirimkan pesan instruksi dari komputernya ke komputer lain. Maju lagi hingga tahun 1964 dimana metode sistem Time Sharing System mulai gencar digarap. Kemudian di tahun 1969 UCLA (University of California at Los Angeles), SRI (Stanford Research Institute), University of California at Santa Barbara, dan University of Utah berhasil menerapkan jaringan komputer dan mulai berhubungan menggunakan jaringan ARPAnet.

Jaringan komputer terus berkembang begitu cepat dari masa ke masa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa perkembangan dunia jaringan komputer itu sama cepatnya seperti saat kita terjun bebas di udara. Dan kini, jaringan komputer sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan, penggunanya pun sudah mencapai ratusan juta pengguna dari berbagai kalangan dan usia. Setiap orang selalu menggunakan jaringan komputer tiap harinya. Lihat saja, saat ini siapa yang tidak mempunyai telepon genggam? Warnet dan hotspot-hotspot juga sudah bukan merupakan barang langka lagi. Segalanya menjadi mudah sekarang. Telepon, Internet, chatting, hingga video call pun sudah bukan hal mewah lagi. Semua ini tidak akan terjadi, jika tidak ada yang namanya jaringan komputer.

Jenis-Jenis Jaringan :

Jenis jaringan terdefinisikan menjadi 3 jenis yaitu :
  1. berdasar fungsinya
  2. berdasar media transmisinya
  3. berdasar luas area jaringannya
1. Jaringan Berdasar Fungsinya
    Di bedakan menjadi 2 yaitu :
  • Client - Server
Merupakan jaringan komputer yang salah satu komputer bertugas menjadi server yang memberikan sebuah layanan kepada komputer pengguna/Client. Layanan yang di sediakan oleh server bermacam-macam. Bisa berupa web server, storage server, mail server, dll.
  • Peer to Peer
Merupakan jaringan komputer di mana setiap komputer dapat berperan sebagai server maupun client. Jaringan ini paling sering digunakan pada jaringan LAN

2. Jaringan Berdasar Media Transmisinya
    Di bedakan menjadi 2 yaitu :
  • Wired Network ( Jaringan Berkabel)
Memakai kabel sebagai media transmisinya. Jenis kabel yang biasa digunakan antara lain, kabel UTP, kabel Fiber Optik, dan Coaxial.
  • Wireless Network ( Jaringan Nirkabel)  
Wireless Network menggunakan media gelombang radio, Infra Red, atau bluetooth sebagai media penghantarnya. Salah satu penerapan Wireless Network adalah area internet gratis dengan menggunakan Wi-Fi atau biasa disebut Hotspot.

3. Jaringan Berasar Luas Areanya
Dibagi menjadi 4 yaitu :

  • LAN (Local Area Network)

    Local Area Network adalah jaringan lokal yang biasanya diimplementasikan di lingkungan rumahan atau perkantoran bertujuan untuk berbagi data dan resource seperti printer dan scanner secara bersama.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

    Secara teknis MAN tidak ada bedanya dengan LAN, hanya saja cakupan areanya yang lebih luas. MAN bisa mencakup daerah antar gedung, antar RT, hingga antar kota.
  • WAN (Wide Area Network)

    WAN juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan LAN dan MAN, tetapi WAN bisa mencakup daerah antar negara hingga antar benua.

  • Internet

    Internet merupakan jaringan global yang paling luas dan dapat mencakup seluruh dunia, bahkan antar planet.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -