Posted by : Unknown Saturday, April 15, 2017

SIMULASI ROUTING (INTERCONNECT-NETWORK)

Pengertian

Routing adalah proses memilih jalan untuk lalu lintas dalam jaringan , atau antara atau di beberapa jaringan. Routing dilakukan untuk berbagai jenis jaringan, termasuk jaringan circuit-switched , seperti public switched telephone network (PSTN), jaringan komputer , seperti Internet , serta jaringan yang digunakan dalam transportasi publik dan swasta, seperti sistem dari jalan-jalan, jalan, dan jalan raya di infrastruktur nasional. 
Latar Belakang

Membuat sebuah simulasi routing menggunakan cisco packet tracer

Maksud & Tujuan

Agar dapat menghubungkan 2 PC Client yang berbeda jaringan

Persiapan

Persiapan simulasi routing dalam contoh ini adalah dengan menggunakan 2 workstation, 2 switch, dan 1 router sehingga terlihat seperti gambar berikut.



Tahap Pelaksanaan

  1. Setelah anda telah membuat topologi di atas pada PC0 berikan IP '192.168.1.1 & 192.168.1.3 (sebagai Gateway) pada PC1 berikan IP '10.10.30.1 & 10.10.30.3 (sebagai Gateway) dengan cara klik PC pilih tab 'Dekstop' pilih IP Configuration.

  2. Selanjutnya kita beralih pada Router0 pilih tag 'Config' lalu pada menu Interfaces Pada IP Address isikanlah gateway dari pc yang terhubung pada port tersebut. seperti gambar di bawah tapi jangan lupa port status harus dalam keadaan On.

  3. Lalu untuk menguji koneksi silakan buka PC0 pilih tab 'Dekstop' => Command Promt berikan perintah 'ping 10.10.30.3' enter, lalu 'ping 10.10.30.1'.
  4. Bila berhasil hasilnya akan nampak seperti di atas.

 Kesimpulan.
Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa, koneksi antar dua host atau lebih yang berbeda segmen jaringannya membutuhkan peran dari Router/Gateway.

Sekian Dari Saya & Terima Kasih
Reverensi : 
-1 EBOOK BELAJAR PACKET TRACER.pdf

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -