Posted by : Unknown Tuesday, April 25, 2017




Hari Selasa 25 April 2017 adalah hari kelimasekaligus hari terakhir dari acara TRAINING PRE-MTCNA DAN CENTOS di BLC telkom.
Pada hari ini pak denny membawakan materi tentang instalasi dan konfigurasi BIND9 DAN HTTPD pada centos.

pada siang harinya sekitar jam 1 siang , materi diisi oleh mas Melki Mario Gulo. Materi yang dibawakan olehnya adalah mengenai Docker.
Mas Gulo sebelumnya memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada para peserta training. selanjutnya mas Gulo mulai menjelaskan pengertian dari Docker dan cara instalasinya. Mas Gulo menjelaskan materinya diselingi dengan candaan sehingga mengurangi kejenuhan dari para peserta taining.
training pada hari ini berakhir jam 4 sore. hari ini merupakan hari terakhir dari training yang diadakan oleh INTRA training center di BLC telkom klaten.

A.Bind9
BIND9 atau Berkeley Internet Name Domain Versi 9 adalah salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat, membangun dan mengatur sebuah DNS (Domain Name Server) pada sistem operasi Linux.

B. HTTPD(APACHE)
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

C. Docker
Dan yang terakhir adalah docker yang di jelaskan oleh Mas Melki Mario Gulo atau akrab di panggil mas gulo. Pada saat mas Gulo menjelaskan apa itu docker ia juga menyelinginya dengan guyonan. Docker sendiri mirip seperti VM (Virtual Machine) tetapi memiliki perbedaan jika VM menjalankan Guest OS di dalam sebuah Host OS. Docker menjalankan OS Container (Guest OS dalam VM) di atas Host OS, Sepertia apa yang mas Gulo jelaskan pada hari ini. Tetapi sayangnya saya lupa mengambil gambar beliau. jadi saya tidak bisa memperlihat kan rupa beliau.

Sekian saja postingan saya kali ini semoga bermanfaat.

Reverensi : - https://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server
                   - http://indodigitalmedia.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-fungsi-dan-cara-kongfigurasi.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -