Posted by : Unknown Saturday, March 11, 2017

Install Webmin

Pengertian

Webmin merupakan alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Unix-like, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows. [4] Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol aplikasi open source, seperti Apache HTTP Server, PHP atau MySQL.

Langkah-langka

  1. Pertama anda silakan download terlebih dahulu webmin disin.
  2. Setelah selesai upload file ke server dengan perintah 'scp nama_file ssh hostname_server@ip_server: /home/ atau di direktori lain(tekan enter dan masukan password' tunggu sampai selesai.
  3. coba cek file dengan perintah 'ls' karena saya menaruhnya di 'home' maka saya mengetikan perintah 'cd /home/' (tekan enter) lalu ketik 'ls'.
  4. Saya telah memiliki file webmin.deb sebelum mengistallnya anda harus mengistall dependensi paket yang dibutuhkan webmin dengan cara memasukan perintah 'apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python'
  5. Setelah memasukan perintah tersebut dan selesai mengistall dependensi tersebut anda ketik perintah 'dpkg -i webmin_1.720_all.deb' guna menginstall webmin. 
  6. Jika sudah selesai maka akan seperti gambar dibawah ini
  7. Coba buka browser dan ketikan 'https://Ip_server_anda:10000/. jika berhasil maka tampilannya akan seperti di bawah ini.
  8. Lalu klik Advanced=> Add Exeption..=>Confrim Security Exeption.
  9. Masukan User dan password dan tampilan awal dari wabmin akan terlihat seperti di bawah ini.

Sekian Dari Saya Terima Kasih
Reverensi =Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Pages

Final Fantasy 7 - Cloud's Buster Sword

BTemplates.com

- Copyright © Edho Nur || BLC TELKOM -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -